Senin, 30 April 2012

KENAPA SUKA JEPANG?

banyak orang nanya nanya kenapa sih suka Jepang dit?
kok kuliah ambil sastra Jepang? gak sayang ya pelajaran IPA nya?
emang bisa ngafalin kosakata jepang?
dan masih banyak pertayaan seabrek abrek tentang kenapa JEPANG.

Jepang,suatu negara di Asia. negara ini terkenal dengan julukan NEGRI SAKURA. siapa yang tidak kenal jepang? bunga sakura, salju, kecanggihan teknologinya, gunung Fuji, sushi , sumo dan masih banyak lagi hal-hal unik yang terdapat di Jepang. pertanyaannya apa yang bikin gue sangat suka dan ingin pergi ke Negeri Sakura tersebut.

gue punya tante namanya Evi gusti wahyuni. beliau tamatan Sastra Jepang - UNPAD. dan sewaktu di UNPAD , beliau mendapatkan beasiswa belajar diJepang. gak tau deh tu ya gimana ceritanya, yang pasti makhluk dari Indonesia yang lolos untuk beasiswa waktu itu HANYA 4 ORANG !! dan tante gue salah satu dari keempat orang itu.
jadi tante gue itu diletakin didaerah sizuoka,yang gue juga gatau itu daerahnya gimana dan dimana karna emang belum pernah kesana. dan pada akhirnya tante pulang ke Indonesia dan main ke Padang. waktu itu, gue seneng banget. mana tante gue tu kesini gak sendirian,dia bawa PACARNYA (orang jepang) dan temennya namanya MIYUKI (orang jepang juga),kalo gak salah waktu itu umur gue sekitar 10 tahun lah ya. dan gue memanfaatkan kondisi itu untuk tau sedikit demi sedikit tentang Jepang. dan akhirnya tante gue pun bersedia untuk ngajarin gue bahasa Jepang.
oke,pelajaran pertama yaitu tahap perkenalan. "Hajimemashite,watashi no namae wa Adit desu. watashi wa so-gakusei desu. watashi ni-juu ni sai desu" yap,perkenalan yang diajarin tante cuma sampe situ aja dulu. dan dilanjutkan beberapa kosakata kayak angka 1-10 : ichi,ni,san,yon,go,roku,sichi,hachi,kyuu,juu. terus juga kosakata benda : hon,hana,empitsu dan lainlain. tapi sayangnya tante gue di indo cuma bentar,karna mesti balik ke jepang lagi. jadi yaaa,pembelajaran gue tentang Jepang hanya sampe disitu aja.

memasuki dunia SMP pun kosakata dan pengetahuan bahasa Jepang gue sama sekali TIDAK ada peningkatan. karena tante gue menetap di Jepang. oh iya lupa,pada akhirnya tante gue nikah juga tuh sama orang jepang yang pacarnya itu. hihi. teruuuuus,waktu masuk SMA, kan ceritanya gue memilih SMA TITIAN TERAS Jambi nih, sekolah yang the best yang gak bakal pernah gue lupain deh :'). disini lah,gue mulai berkembang. gue ketemu sama guru jepang "sensei" yang GANTEEEEEEEEEENG banget. dan ternyata gue jadi anak angkatnya :'). gue sering cerita ke chichi *panggilan ayah dalam bahasa jepang* kalo gue pengen banget ke Jepang,dan bisa lancar bahasa Jepang. karna tau niat dan tekad gue kuat banget,chichi pun selalu ngebantu gue dalam belajar. untungnya aja gue gak lemot banget kalo belajar Jepang. dan karena bantuan chichi yang selalu ngajarin gue nilai Bahasa Jepang gue gak pernah kurang dari 90 (alhamdulillah). tapiiiiiii,semua itu cuma berlangsung 2 tahun :'( . gue terpaksa pindah kepadang saat kenaikan kelas 3. karna ada suatu faktor,jadi gue berpisah sama chichi. waktu pamitan gue gak sanggup nahan air mata dan akhirnya chichi pun meluk gue. chichi juga sedih waktu itu,matanya merah nahan air mata. tapi, gue janji sama chichi,gue bakal tetap suka Jepang dan bakal belajar dengan serius untuk dapetin impian gue !

pada akhirnya gue dipadang masuk ke SMA N 3 Padang. yang gue syukurin adalah,disekolah ini ada bahasa Jepang nya. gue kenal sensei yeyen dan sensei budi. gue cerita ke sensei itu,kalo gue pengen ke jepang dan minat banget. dan akhirnya pun gue diajari oleh beliau. sampe akhirnya gue diikutin dalam lomba LCT jepang di smansa. walau gak menang,tapi setidaknya sertifikat udah ditangan :D
dan yang bikin gue sedih disaat kelas 3 semester 2, gue udah gak belajar lagi yang namanya Jepang. sampe sekarang. berencana mau les tapi belum jadijadi. gue cuma berharap, snmptn besok gue bisa lulus di sastra jepang,dan saat ikut beasiswa monbukagakusho untuk kejepang gue bisa lulus. yang pada akhirnya gue bisa mewujudkan impian gue dan bisa bikin orangtua bangga ke gue.

segelintir cerita tadi tentang harapan dan alasan kenapa gue suka Jepang. bukan hanya karena gunung Fuji,Bunga sakura,Sushi,Kebudayaan dan lain nya, tapi juga karena satu tekad. gue pengen jadi the next HAMALTA ALES FANDI (watashi no chichi desu)


5 komentar: